Nuris Journal of Education and Islamic Studies
Vol. 1 No. 2: Oktober 2021

Kreativitas Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open-Eded menggunakan Pendekatan Ethnomatematika Dimasa Pandemi

Nisak Nirmala Rosy (SMK UBP Nurul Islam Pungging Mojokerto)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2021

Abstract

Masa pandemi ini pemeritah membuat kebijakan untuk melakukan pembelajaran dirumah masing-masing siswa. Pembelajaran ini terkenal dengan pembelajaran sistem daring. Salah satu efek dari pembelajaran daring yaitu menurunkan minat siswa dalam belajar. Sehingga peneliti menggunakan soal yang menarik siswa yaitu dengan pendekatan ethnomatematika. Ethnomatematika mengandung soal yang berkaitan dengan budaya sekitar. Soal open-ended dengan pendekatan ethnomatematika berhasil menarik minat siswa untuk mengerjakan dan lebih memahami konsep lingkaran. Dari uji soal dan wawancara keseluruhan siswa dapat memahami soal dengan baik dan menghubungkan jawaban kedalam konsep lingkaran dengan tepat. Secara keseluruhan siswa dapat menyelesaikan persamaan lingkaran dan garis singgung lingkaran. Hanya satu siswa yang tidak meragukan dalam menyelesaikan garis singgung lingkaran dengan pusat (a,b). Jawaban yang diberikan dihubungkan dengan konsep ingkaran dengan sangat baik. Siswa juga dapat memunculkan ide-ide baru untuk mendaatkan jawaban lebih banyak.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jeis

Publisher

Subject

Description

Nuris Journal of Education and Islamic Studies is open access and peer-reviewed journal, published by STAI Nurul Islam Mojokerto, Indonesia to disseminate research results from scientists and practitioners in Education and Islamic Studies fields. DOI : https://doi.org/10.52620/jeis ISSN 2776-2653 ...