Nuris Journal of Education and Islamic Studies
Vol. 2 No. 1: April 2022

Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Induksi

Ahmadah Faashichah Romadlona (STAI Nurul Islam Mojokerto)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2022

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian kali ini adalah Mengetahui kesalahan apa saja ketika siswa menyelesaikan soal Induksi, tak lupa juaga untuk mengetahui penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal Induksi. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian kali ini. Penggunaan strategi yakni studi kasus dilakukan peneliti kali ini dengan subyek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 6 MA Negeri 1 Mojokerto Tahun Akademik 2022/2023. Purposive sampling dipilih peneliti untuk menentukan subyek dan diperoleh 3 siswa dengan nilai terendah dalam menyelesaikan soal induksi. Tes yang digunakan berbentuk essay dengan 1 soal dan diteruskan dengan wawancara. Kesimpulan yang diperoleh bahwa pemahaman konsep menjadi jenis kesalahan yang utama dan juga terdapat factor yang lain yakni kurangnya menguasai konsep pada materi Induksi Matematika, selain itu siswa juga ceroboh dan kurang teliti pada operasi hitung.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jeis

Publisher

Subject

Description

Nuris Journal of Education and Islamic Studies is open access and peer-reviewed journal, published by STAI Nurul Islam Mojokerto, Indonesia to disseminate research results from scientists and practitioners in Education and Islamic Studies fields. DOI : https://doi.org/10.52620/jeis ISSN 2776-2653 ...