Pengembangan Media pembelajaran merupakan salah satu inovasi dalam proses pembelajaran untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Tujuan dari pengembangan media ini, untuk mengetahui perbandingan keefektifan pembelajaran dengan menggunakan media manual (PASEDUT) dan ICT. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang meliputi tahap Analysis, Design, Develop, Implementation, Evaluation. Prosedur kegiatan dibagi atas 3 tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan pembuatan media manual PASEDUT dan media ICT materi kesebangunan dan dilanjutkan tahap implementasi media ke salah satu SMP di Kabupaten Mojokerto, serta tahap akhir berupa penyusunan laporan. Sampel yang digunakan adalah kelas IX siswa sekolah tempat penelitian. Proses pembelajaran matematika di Kelas IX-B menggunakan media manual dan kelas IX-F menggunakan media ICT pada materi kesebangunan. Untuk mengetahui keefektifan dari media manual dan ICT dengan menggunakan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata- rata kelas yang menggunakan media manual adalah 63,5 dan nilai rata- rata kelas yang menggunakan media ICT adalah 85,5, sehingga dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan media ICT lebih efektif daripada proses pembelajaran dengan menggunakan media manual.
Copyrights © 2023