Penelitian ini tergolong dalam kategori deskriptif dengan tujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis dan faktor penyebab kesalahan siswa MTs Negeri 1 Kediri dalam menyelesiakan masalah berdasarkan karakterisk kelas (akselerasi dan regular). Proses pemecahan masalah ditinjau berdasarkan tahapan Polya. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII akselerasi dan VII-J (regular) MTsN 1 Kediri tahun pelajaran 2020/2021. Data hasil penelitian dianalisis dengan mengidentifikasi kesalahan dan disesuaikan dengan indikator-indikator kesalahan menurut tahapan Polya dan untuk mendalami faktor penyebabnya dilakukan wawancara secara mendalam. Sumber data untuk penelitian ini ialah murid kelas akselerasi dan reguler, juga guru matematika yang mengajar di kelas tersebut. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu metode tes tertulis dan metode wawancara. Analisis yang digunakan yaitu analisis kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil penelitian analisis kesalahan yang dilakukan siswa MTs Negeri 1 Kediri dalam menyelesaikan masalah operasi bentuk aljabar menunjukkan bahwa rata-rata persentase kesalahan yang dilakukan siswa kelas VII-L (akselerasi) sebesar 36% dan siswa kelas VII-J (reguler) sebesar 81%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa baik pada siswa akselerasi maupun reguler masih ditemukan siswa yang mengalami kesalahan ketika menyelesaikan masalah operasi bentuk aljabar meskipun kelas akselerasi persentase lebih sedikit dibandingkan kelas reguler.
Copyrights © 2022