Khidmatuna: Journal of Research and Community Service
Vol 1 No 1 (2022): On Progress

Skema Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menengahi Multikulturalisme Pembelajaran di SMA Negeri 5 Mataram

Remanda Nadia Tamara (Unknown)
Nur Amalia (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2022

Abstract

Telah ditemukan bahwa sekolah ini memiliki banyak keragaman agama, budaya, bahasa, etnis, dan sosial. Namun, hal tersebut tidak menjadi penyebab munculnya konflik. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Mataram. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam memajukan pendidikan multikultural di kalangan siswa; dan (2) mengidentifikasi kendala yang dihadapi oleh Guru Pendidikan Agama Islam dalam membina pendidikan multikultural di kalangan siswa. (3) Menganalisis taktik yang digunakan oleh Guru Pendidikan Agama Islam untuk mempromosikan pendidikan antarbudaya di kalangan siswa. Teknik yang digunakan adalah metode kualitatif studi kasus. Wawancara, observasi, dan dokumentasi digunakan sebagai strategi pengumpulan data. Prosedur analisis data menggunakan teori reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian, (1) Tugas Pendidik Pendidikan Agama Islam adalah sebagai demonstrasi, komunikator, motivator, dan pendidik dan pengajar nilai-nilai antarbudaya siswa. (2) Tidak ditemukan kendala substansial yang dihadapi oleh Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan pendidikan antarbudaya di kalangan siswa. Guru PAI bekerjasama dengan seluruh lapisan masyarakat di sekolah untuk menjaga kerukunan. (3) Guru Pendidikan Agama Islam menerapkan strategi pembinaan pendidikan multikultural siswa melalui kegiatan imtaq, pembinaan kerohanian, sholat berjamaah, pentas budaya pada hari raya keagamaan, pentas seni/acara berpakaian adat, melakukan kegiatan sosial, dan memberikan penyuluhan. pada penguatan multikultural.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

khidmatuna

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

Khidmatuna follows the high standards of peer review. This journal focuses on Research and community service in the fields of Science, Education, Social Affairs, Politics, Economics, Linguistics, Tourism and Technology. This journal has an open "character" and contributes to the results of research ...