Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah
Vol 2, No 2 (2022): Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah

Manajemen Strategi Pengembangan Kurikulum 2013 Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pendidikan Tingkat SMA di Bogor

Mohamad Gugun Gunawan (STAI Al-Hidayah Bogor)
M Hidayat Ginanjar (STAI Al-Hidayah Bogor)
Heriyansyah Heriyansyah (STAI Al-Hidayah Bogor)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2022

Abstract

Pendidikan adalah faktor utama terbentuknya keperibadian seseoarng, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pengembangan Kurikulum 2013 Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SMA Negeri 1 Tamansari Bogordengan menggunakan metode kualitatif lapangan non statistik. Sedangkan hasil penelitian ini adalah (1) Perencanaan kurikulum melibati semua strukktural sekolah (2) Pengorganisasian kurikulum SMA Negeri 1 Tamansari Bogor, Kepala sekolah yang penuh bertanggung jawab dalam mengkoordinir pengorganisasian K-13 dan dibantu dengan waka kurikulum lalu mengkoordinir guru(3) Pelaksanaan K-13 di SMA Negeri Tamansari Bogor sudah diterapkan sejak tahun 2013 lalu diberlakukannya kurikulum 2013 dengan adanya aturan dari menteri pendidikan dan sekolah SMA Negeri 1 Tamansari Bogor terpilih untuk melaksanakan K-13. (4) Evaluasi K-13 di SMA Negeri 1 Tamansari Bogor dilakukan oleh tim penjaminan mutu pendidikan sekolah dan team pengembang kurikulum.(5) Kualitas pendidikan di SMA Negeri 1 Tamansari BogorĀ  yang mencakup: prestasi akademik, prestasi non akademik dan kompetensi lulusan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cendikia

Publisher

Subject

Religion Social Sciences

Description

contains various activities of the teaching staff in STAIA Bogor in handling and managing the different potentials, obstacles, challenges, and problems that exist in society. Implementation of service activities also involves the participation of the community and partners. Service activities are ...