Logo merupakan sebuah identitas penting bagi sebuah perusahaan. Akan tetapi, di lain sisi hal yang juga tak kalah pentingnya adalah bagaimana sebuah identitas tersebut dibentuk dan dibangun. Melalui penelitian yang berjudul “Redesain Logo Songket Jembatan Merah sebagai Strategi Komunikasi Pengembangan UMKM Sawah Lunto” tentunya menggunakan pendekatan dan strategi Desain Komunikasi Visual. Metode penelitian kualitatif diterapkan dalam penelitian dengan pendekatan Cyclic Strategy ini dimana sumber informasi data diperoleh melalui wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Hasilnya yaitu, narasumber mengakui adanya image baru yang muncul dari logo baru tersebut sehingga memberikan makna baru terhadap identitas perusahaan. Hal ini, tentunya akan berdampak bagi citra perusahaan di kemudian hari. Kata Kunci : Redesain Logo, Songket Jembatan Merah, Cyclic StrategyLogo is an important identity for a company. However, on the other hand, what is equally important is how such an identity is formed and built. Through a research entitled “Redesigning Songket Jembatan Merah Logo as a Communication Strategy for Developing Sawah Lunto”, the approach and strategy of Visual Communication Design were certainly used. A qualitative research method was applied in the research with the Cyclic Strategy approach where data information sources were obtained through interviews, documentation, and literature review. The result is that the interviewees acknowledge the emergence of a new image from the new logo, thus giving a new meaning to the company’s identity. This, of course, will have an impact on the company’s image in the future.
Copyrights © 2023