Media Bina Ilmiah
Vol. 17 No. 10: Mei 2023

TINGKAT STRES PADA ANAK DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI COVID-19

Veronica Manurung (Mentari Intercultural School Jakarta, CV. Mitra Plast Abadi, Ipeka Integrated Christian School)
Christianto Christianto (Mentari Intercultural School Jakarta, CV. Mitra Plast Abadi, Ipeka Integrated Christian School)
Rachellia Citrayani (Mentari Intercultural School Jakarta, CV. Mitra Plast Abadi, Ipeka Integrated Christian School)



Article Info

Publish Date
27 May 2023

Abstract

Penelitian mengenai tingkat stres pada siswa ini bertujuan untuk mendapatkan analisis, serta kajian validitas dan reliabilitas dari instrumen DASS-42. Survei mengenai tingkat stres ini menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data dari responden siswa/i pada SMP Teach Indonesia School Jakarta Utara sebanyak 23 responden. Tingkat stres dari siswa dihitung berdasarkan skala Likert 0-3, yaitu skala skor 3 untuk sangat sesuai, skor 2 untuk sering, skor 1 untuk sesuai, dan skor 0 untuk tidak sesuai. Pada akhir penelitian ini, peneliti mampu menunjukkan validitas dan reliabilitas dari instrumen DASS-42, sebagai alat ukur untuk mengukur tingkat stres pada siswa. Manfaat dari dilakukannya penelitian ini adalah dapat memberikan gambaran informasi tingkat stres pada murid selama masa pembelajaran jarak jauh, juga mengetahui indikator apa yang dapat menunjukkan adanya stres pada siswa

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

MBI

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences Other

Description

Media Bina Ilmiah, ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505 (online), diterbitkan 12 (Dua Belas) nomor dalam setahun (Januari-Desember) oleh BINA PATRIA. Jurnal ini merupakan sarana komunikasi dan penyebarluasan informasi hasil-hasil penelitian dan pengembangan, kajian serta pemikiran dalam bidang ...