KOMUNIKATA57
Vol 4 No 1 (2023): KOMUNIKATA57

FENOMENA SADFISHING PADA HASTAG #PELAKOR DI MEDIA SOSIAL TIKTOK

Citra Eka Putri (Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama))
Radja Erland Hamzah (Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama))
Rialdo Rezeky Manogori Lumban Toruan (Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama))



Article Info

Publish Date
20 May 2023

Abstract

Viralnya istilah pelakor (Perebut laki orang) yang ramai menjadi bahan perbincangan media sosial khususnya TikTok di Indonesia, adanya pergeseran nilai privasi yang melahirkan fenomena baru dalam kehidupan sosial antara manusia dengan terpaan penggunaan media sosial, yaitu fenomena sadfishing atau keadaan dimana seseorang mencurahkan masalah kesedihannya di media sosial untuk mendapatkan simpati dan perhatian dari banyak orang yang melihatnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui fenomena sadfishing pada penggunaan hastag pelakor di media sosial TikTok. Adapun hasil dari penelitian menunjukkan konsep sadfishing sendiri menghantarkan dorongan pengguna media sosial untuk memproduksi konten-konten yang memiliki nilai kesedihan yang bertujuan untuk mendapatkan dukungan dan simpati dari pengguna media sosial lainnya. Semakin konten yang diproduksi memiliki nilai privasi yang tinggi maka semakin ramai konten tersebut disukai. Disadari atau tidak fenomena sadfishing ini mampu mengikis kesadaran penggunanya untuk berpikir rasional terhadap ruang privasi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

komunikata57

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Journal Sains Komunikata57 (the Scientific Journal of KOM57) is a bilingual journal of communication studies which publish particularly articles on Public Relations, Advertising & Marketing Communication, Media and Political Communication, Intercultural Communication, and Organizational ...