Esai adalah pertanyaan yang menuntut peserta didik untuk menjawab dalam bentuk menguraikan, menjelaskan, mendiskusikan, membandingkan, memberikan alasan, dan bentuk lain yang sejenis sesuai dengan tuntutan pertanyaan dengan menggunakan kata-kata dan bahasa sendiri. Permasalahan kerap terjadi pada penilaian soal esai. Guru kadang mengalami ketidak konsistenan saat menilai soal-soal esai. Hal ini bisa terjadi ketika jumlah soal yang akan dinilai sangat banyak dan waktu untuk menyelesaikannya sangatlah sedikit. Tujuan penelitian ini untuk mempermudah guru dalam membrtikan nilai pada jawaban murid yang bervariasi. Penelitian ini menggunakan metode Latent Semantic Analysis (LSA) untuk membandingkan hubungan antar dokumen teks, menghitung bobot kata menggunakan algoritma Term Frequency - Inverse Document Frequency (TF-IDF), diukur kesamaan data jawaban antara guru dengan murid menggunakan algoritma euclidean distance. Adapun data yang digunakan terdiri dari 5 soal dengan jumlah penjawab 15 murid. Referensi pembuatan soal dari buku IPS kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2017, Hasil dari penilaian otomatis jawaban murid dengan TF-IDF, LSA dan euclidian distance didapatkan nilai korelasi sebesar 84%.
Copyrights © 2023