Pemanfaatan teknologi informasi khususnya Digital Marketing dalam kegiatan usaha sebagai media/sarana promosi dan penjualan produk dapat memberikan dampak positif berupa keuntungan bagi perusahaan, peningkatan volume penjualan, peningkatan produktivitas, dll. Tujuan penelitian ini ialah untuk menjawab rumasan masalah terkait bagaimana pemanfaatan digital marketing sebagai media promosi produk di masa pandemi covid-19 pada Rumah Makan Kahang Jaya Liliba. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan data kualitatif. Penentuan sample menggunakan teknik Purposive Sampling. Analisis dilakukan dengan Model Pendekatan Marketing 4C sebagaimana diperkenalkan Robert F. Lauterborn dan Philip Kotler. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rumah Makan Kahang Jaya Liliba telah menggunakan digital marketing(facebook, bekerja sama dengan GrabFood) sebagai media promosi/iklan dan penjualan produk selain dengan pemasaran langsung atau offline. Berdasarkan analisis Model Pendekatan Marketing 4C dari Philip Kotler menunjukkan bahwa pemanfaatan Digital Marketing meningkatkan keterlibatan konsumen/pelanggang dalam menciptakan produk, harga yang lahir dari komunikasi yang interaktif serta mendalam antara produsen dan konsumen. Digital Marketing memberikan solusi berupa kecepatan respon produsen terhadap setiap permintaan konsumen (sistem menjemput bola), dalam konteks penelitian ini kerja sama Kahang Jaya dengan GrabFood dilihat sebagai sebuah terobosan jitu. Hal yang perlu diperhatikan ke depannya ialah agar pihak manajemen Kahang Jaya tetap mempertahankan strategi pemasaran menggunakan teknologi informasi terutama meningkatkan serta menggunakan lebih banyak lagi media sosial yang ada untuk promosi dan penjualan. Kata Kunci: Digital Marketing, Marketing 4C
Copyrights © 2021