Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Peralihan Biaya dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada pelanggan Indosat Di Sukabumi) Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 100 sampel. Sedangkan teknik pengujian kualitas instrumen meliputi uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik uji asumsi klasik menggunakan uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Sedangkan untuk pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda, uji t (parsial), dan uji f (simultan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel peralihan biaya (x1) terdapat pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan (y) yang dibuktikan dengan koefesien korelasi variabel peralihan biaya (x1) dengan nilai uji rhitung sebesar 0,801 > rtabel 0,641, adapun variabel kualitas produk (x2) memilik rhitung sebesar 0,801 yang nilainya lebih besar dari rtabel 0,641. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kualitas produk (x2) terhadap loyalitas pelanggan (y). berdasarkan uji f menunjukan bahwa nilai probabilitas < 0,05, maka dapat dikatakan terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama antara variabel bebas terhadap variabel terikat. Artinya terdapat pengaruh positif antara peralihan biaya (x1) dan kualitas produk (x2) terhadap loyalitas pelanggan (y). Kesimpulan penelitian berdasarkan perhitungan di atas maka terdapat pengaruh yang signifikan antara peralihan biaya dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa secara bersama-sama peralihan biaya dan kualitas produk mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan di Sukabumi. Kata Kunci: Peralihan Biaya, Kualitas Produk dan Loyalitas Pelanggan
Copyrights © 2022