Jurnal Agro Nusantara
Vol. 1 No. 1 (2021): JURNAL AGRO NUSANTARA

EFISIENSI PEMASARAN BUAH DUKU (Lansium domesticum Corr) ( Studi Kasus : Desa Serbananti Kecamatan Sipispis Kabupaten Serdang Bedagai)

Rima Wahyuni Sinaga (Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah)
Ernita Tarigan (Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah)
Leni Handayani (Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2021

Abstract

Metode analisis data yang digunakan yaitu metode deskriptif yaitu mengumpulkan, mengklarifikasi, menganalisa dan menginterprestasikan data, sehingga memberikan suatu gambaran mengenai masalah yang diteliti. Untuk menganalisa besarnya margin pemasaran maka digunakan rumus sebagai berikut: Mji= Psi-Pbi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran pemasaran yang dapat memberikan petani keuntungan yang lebih besar adalah petani yang memasarkan duku dengan menggunakan jalur pemasaran yang lebih singkat seperti saluran I. margin pemasaran pada saluran pemasaran I sebesar Rp 3.000 terdapat pada pedagang pengumpul dengan profit Rp 1.300/kg. Dan sebesar Rp 3.000/kg pada pedagang pengecer dengan profit sebesar Rp 1.000/kg . Margin pemasaran pada saluran pemasaran II sebesar Rp 3.000/kg terdapat pada pedagang pengumpul dengan profit Rp 1.300/kg. Dan sebesar Rp 1.200/kg pada pedagang antar daerah dengan profit sebesar Rp 1.200 dan pada pedagang pengecer Rp 3.000 dengan profit margin sebesar Rp 1.000. Harga jual tertinggi ditetapkan pedagang pengecer kepada konsumen yaitu sebesar Rp 18.000/kg pada saluran I. Sedangkan harga jual tertinggi ditetapkan pedagang pengecer kepada konsumen yaitu sebesar Rp 20.000/kg pada saluran II. Nilai efisiensi pemasaran pada saluran I sebesar 20,55% pada saluran II sebesar 27,5% ini menunjukkan bahwa semua jalur pemasaran duku pada daerah penelitian telah efisien. Namun saluran II merupakan saluran yang efisien.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JAN

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal Agro Nusantara yang merupakan jurnal agribisnis yang focus terhadap kajian ilmiah yang berkaitan dengan konsep strategi pengembangan pasar , prilaku konsumen, kajian usahatani, peningkatan pendapatan petani, teknologi dan dan pengolahan bidang pertanian. Budidaya tanaman, manajemen perkebunan ...