Generasi millenial adalah generasi yang menyukai sesuatu hal yang baru, terutama terkait dengan life style, hobi dan musik. Musik tidak bisa lepas dari kehidupan kaum muda. Musik merupakan salah satu media yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan dakwah secara simple serta mudah diterima oleh masyarakat. Lagu yang sedang populer (awal periode 2020) saat ini adalah “Aisyah Istri Rasulullah”. Banyak sekali musisi yang membawakan atau meng-cover ulang lagu ini, baik group musik maupun individu. Penelitian ini berupaya menjawab pertanyaan utama, yakni: Pesan dakwah apa sajakah yang terdapat pada lagu Aisyah Istri Rasulullah? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui isi pesan dakwah yang ada dalam lirik lagu tersebut. Kegunaannya untuk memberikan informasi kajian praktis tentang penggunaan media musik sebagai media dakwah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pustaka (library reserch) yang bersifat deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data primernya berupa dokumentasi teks lagu Aisyah Istri Rasulullah, sedangkan data skundernya berupa literatur lain seperti Alquran dan buku-buku. Hasil temuan dari penelitian ini menjelaskan, bahwa terdapat pesan dakwah akhlak dan fiqih (Ahwal As-Syahsyiah) keluarga. Pesan akhlak direpresentasikan pada bagian awal song I yang mengekspesikan simbol- simbol keislaman seperti “mulia”, “berani”, “lembut hati”. Pesan fiqih direpresentasikan pada song II yang mengekspresikan simbol-simbol keislaman seperti “selalu bersama hingga ujung nyawa Kau di samping Rasulullah”. Dengan demikian, para audiens yang mendengarkan lagu ini diharapkan dapat mengetahui, memahami dan menghayati pesan-pesan dakwah yang terkandung di dalamnya.
Copyrights © 2019