Belum tepatnya penggunaan pendekatan pembelajaran dan kurangnya pembiasaan melatih kemampuan literasi numerasi mengakibatkan kompetensi yang dimiliki siswa rendah atau kurang. Tujuan dalam penelitian untuk melihat keterpengaruhan pembelajaran outing class terhadap kemampuan literasi numerasi siswa. Penggunaan metode dalam penelitian yakni kuantitatif dengan pre-experimental design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Data hasil penelitian pada pre-test diperoleh nilai rata-rata sebesar 36,5 sedangkan post-test diperoleh rata-rata sebesar 81,6. Hasil uji hipotesis nilai T hitung 14,449 sedangkan T tabel 2,120. Artinya Thitung > Ttabel, maka H1 diterima. Maka kesimpulannya yaitu ada pengaruh pembelajaran outing class terhadap kemampuan literasi numerasi siswa kelas V SDN Kedungbokor 03. Berdasarkan hasil analisis indikator literasi numerasi 70% siswa mencapai indikator 1, 76% mencapai indikator 2, dan 41% siswa mencapai indikator 3. Berdasarkan hasil tersebut guru diharapkan mampu menerapkan dan mengembangkan pembelajaran outing class melalui pendekatan realistik dengan lebih menekankan kepada pemahaman konteks dalam menyelesaikan permasalahan sehari-hari serta pengambilan keputusan dalam soal. Kata Kunci: outing class, pendekatan matematika realistik, literasi numerasi
Copyrights © 2023