Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh otoriter dengan kecerdasan emosi padasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang dilakukan pada 155 siswa kelas IX MA Riyadlotut Thalabah Sedan Rembang sebagai subjek penelitian. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala likert meliputi skala pola asuh otoriter yang terdiri dari 32 aitem dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,831 dan skala kecerdasan emosi yang terdiri dari 15 aitem dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,729. Sumbangan efektif variabel pola asuh otoriter terhadap kecerdasan emosi sebesar 7,4%. Hasil uji korelasi Spearman’s rho antara pola asuh otoriter dengan kecerdasan emosi memperoleh skor rs= -0,263 dengan p= 0,001 (p
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023