Digitalisasi Teknologi pada sektor UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) di kota Surabaya adalah penting dilakukan setelah masa pandemi Covid, tercatat di tahun 2020 dan 2021 sektor UMKM mendapat dampak paling signifikan bahkan banyak gulung tikar. Maka dalam artikel disini adalah bertujuan memberikan kontribusi kepada pihak UMKM terdampak dengan manajemen desain produk dengan menggunakan digitalisasi teknologi maupun informasi karena masih banyak UMKM merealisasikan produknya secara trasidisional. Studi kasus penelitian yang dilakukan pada UMKM Elok Mekar Sari Surabaya, dimana UMKM ini membawahi beberapa unit usaha, tercatat UMKM Elok Mekar Sari memiliki lebih dari 30 UMKM dan 50 lebih karya produk unggulan. Setiap unit usaha memiliki produk-produk hasil olahan sendiri-sendiri, yang merupakan hasil kreativitas dan inovasi dari anggota UKM. Untuk memperkenalkan produk yang dilakukan sebatas bazar dan pameran. Banyak produk yang unik dan manarik tetapi belum banyak dikenal oleh masyarakat luas, mengakibatkan banyak produk yang belum terserap kepasar secara maksimal dan UMKM Elok Mekar Sari ini terdampak penurunan omset penjualan karena masa pandemi Covid 19 ditahun 2020 dan 2021. Berdasarkan hasil wawancara dengan pengelola UMKM, didapatkan permasalahan bahwa produk-produk olahan hasil unit usahanya dipasarkan dan didesain secara konvensional tradisional. Maka selanjutnya, peneliti berusaha memberikan kontribusi keilmuan digitalisasi redesain terhadap produk-produk olahan unit usaha UMKM Elok Mekar Sari untuk meningkatkan brand awareness melalui desain produk terutama desain kemasan. Dengan pengembangan brand awareness, Pengelola UMKM berharap produk-produknya lebih dikenal oleh masyarakat luas, serapan pasar kantitasnya besar, sehingga bisa memberikan kesejahteraan bagi anggota. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskirptif, yakni mengumpulkan komponen atribut yang dibutuhkan untuk pengembangan desain kemasan kepada pihak UMKM, proses yang dilakukan secara simultan baik dengan media digital dan tatap muka, setelah hasil terkumpul, maka peneliti melakukan proses desain secara digital untuk memperoleh hasil final desain yang diharapkan. Nilai akhir dari penelitian artikel ini adalah menghasilkan dua output utama dalam pengembangan bisnis digitaliasi desain produk pada UMKM, 1. adalah manajemen proses dengan digitalisasi untuk mempercepat kinerja penelitian, 2. digitalisasi desain produk untuk mempercepat hasil prototipe desain kemasan. Kata kunci: UMKM, Digitalisasi Teknologi, Desain Produk Kemasan, Brand Awareness
Copyrights © 2022