Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan teknik ice breaking berbasis tepuk tangan dalam meningkatkan minat belajar pada siswa kelas IV. Desain yang digunakan One Grup Pretest-Posttest. Populasi adalah seluruh siswa kelas IV di SDN 89 Palembang dengan jumlah 22 siswa dan sampel penelitian dengan jumlah 20 siswa. Adapun teknik pengumpulan data data dilakukan dengan cara tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t (paired sample t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil rata-rata nilai tes awal pretest siswa kelas IV di SDN 89 Palembang diperoleh nillai sebesar 53.50. Hasil rata-rata nilai akhir posstest yang diberikan perlakuan ice breaking berbasis tepuk tangan terhadap minat belajar siswa kelas IV di SDN 89 Palembang diperoleh nilai sebesar 73.00 Hasil hipotesis menunjukkan bahwa nilai , thitung sebesar 5.584, sedangkan ttabel= 1.729 (thitung >ttabel) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak penggunaan teknik ice breaking berbasis tepuk tangan efektif dalam meningkatkan minat belajar pada siswa kelas IV di SDN 89 Palembang”.
Copyrights © 2023