PEDAMATH: Journal on Pedagogical Mathematics
Vol 2 No 1 (2019): Journal on Pedagogical Mathematics.

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVIS-NOVICK DENGAN MEDIA EDUTAINMENT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Nurhidayah Nurhidayah (Universitas Sulawesi Barat)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model konstruktivis novick dengan media edutainment terhadap motivasi dan pemahaman konsep siswa. adapun populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Wonomulyo sebanyak 180 siswa yang terbagi kedalam 5 kelas, kemudian diambil sampel dengan menggunakan teknik simple random sampling sebanyak 2 kelas yaitu kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 3 sebagai kelas kontrol. instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar siswa, lembar aktivitas siswa, dan angket motivasi siswa. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu (1) rata-rata hasil belajar siswa setelah penerapan model konstruktivis novick dengan media edutainment lebih besar dari rata-rata hasil belajar siswa sebelum penerapan model konstruktivis novick dengan media edutainment, (2) aktivitas siswa tergolong pada kategori sangat aktif, dan (3) rata-rata motivasi belajar siswa setelah penerapan model konstruktivis novick dengan media edutainment lebih besar dari rata-rata motivasi belajar siswa sebelum penerapan model konstruktivis novick dengan media edutainment, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model konstruktivis novick dengan eduatinment efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

pedamath

Publisher

Subject

Mathematics

Description

PEDAMATH Journal on Pedagogical Mathematics provides an opportunity for the students, teachers, academicians, researches, and anyone who wants to share the contemporary knowledge in the field of pedagogical ...