PEDAMATH: Journal on Pedagogical Mathematics
Vol 2 No 2 (2020): Journal on Pedagogical Mathematics.

ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA KELAS XII MIA 2 MAN 1 MAJENE

Arman (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Deskripsi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas XII MIA 2 MAN 1 Majene. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskripsi dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 siswa kelas XII MIA 2 MAN 1 Majene, yang dipilih 3 siswa dari masing-masing jenis gaya kognitif dengan purposive sampling. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data meliputi, data deskripsi hasil tes tertulis dan hasil wawancara yang dianalisis kemudian ditarik kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan gaya kognitif jenis Field Independent (FI) mampu memenuhi semua indikator kemampuan pemahaman konsep matematis, Sedangkan siswa dengan gaya kognitif jenis Field Dependent (FD) belum mampu memenuhi semua indikator kemampuan pemahaman konsep matematis.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pedamath

Publisher

Subject

Mathematics

Description

PEDAMATH Journal on Pedagogical Mathematics provides an opportunity for the students, teachers, academicians, researches, and anyone who wants to share the contemporary knowledge in the field of pedagogical ...