PEDAMATH: Journal on Pedagogical Mathematics
Vol 4 No 2 (2022): Journal on Pedagogical Mathematics

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TEOREMA PYTHAGORAS

Sukmawati (Universitas Sulawesi Barat)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Deskripsi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP Negeri 4 Tinambung dalam menyelesaikan soal teorema phythagoras. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah deskripsi dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 siswa kelas VIII C SMP Negeri 4 Tinambung yang dipilih 2 siswa dari masing-masing kategori tingkat kemampuan siswa dengan purposive sampling. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data meliputi, data deskripsi tes tertulis dan hasil wawancara yang dianalisis kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek berkemampuan tinggi hanya mampu memenuhi 3 indikator di antaranya yaitu indikator fluency ,flexibility dan elaboration, Sedangkan 1 indikator lainnya yaitu indikator originality subjek belum mampu memenuhi indikator tersebut. Subjek berkemampuan sedang hanya mampu memenuhi 1 indikator yaitu indicator elaboration, Sedangkan tiga indikator lainnya yaitu indikator fluency, flexibilituy dan originality subjek belum mampu memenuhi indikator tersebut dan Subjek berkemampuan rendah tidak mampu memenuhi ke empat indikator kemampuan berpikir kreatif dalam menyelesaikan soal teorema phythagoras.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pedamath

Publisher

Subject

Mathematics

Description

PEDAMATH Journal on Pedagogical Mathematics provides an opportunity for the students, teachers, academicians, researches, and anyone who wants to share the contemporary knowledge in the field of pedagogical ...