Penelitian ini bertujuan menganalisis environmental literacy peserta didik melalui IPS di sekolah dasar. Dengan melakukan riset secara mendalam penelitian ini mencoba menganalisa dengan mengandalkan bibliografi dari berbagai macam literatur seperti artikel jurnal nasional, jurnal internasional dan buku yang relevan dengan tajuk pembahasan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa environmental literacy yang harus dimiliki seseorang dalam beberapa aspek, yaitu pengetahuan dan pemahaman tentang lingkungan pada tingkatan yang bervariasi dari lokal sampai global, baik terkait isu lingkungan, faktor-faktor yang mempengaruhi, dan keterkaitan manusia dengan lingkungan. Secara spesifik bahwa IPS di sekolah dasar merupakan penyederhanaan, adaptasi, seleksi, dan modifikasi sedemikian rupa dari ilmu sosial yaitu Sejarah, Geografi, Sosiologi, Antropologi, dan Ekonomi. IPS yang diajarkan di sekolah dasar merupakan bentuk organisasi kurikulum yang meleburkan beberapa mata pelajaran menjadi kajian yang luas, hal ini disesuaikan dengan karakteristik anak usia sekolah dasar yang berfikir secara holistik. Pembelajaran IPS pada konteks environmetal literacy sebagai upaya dalam mengubah perilaku dan sikap yang dilakukan oleh manusia yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kesadaran masyarakat tentang nilai-nilai lingkungan dan isu-isu permasalah lingkungan yang pada akhirnya dapat menggerakkan tiap-tiap individu untuk berperan aktif dalam upaya pelestarian dan keselamatan lingkungan untuk kepentingan generasi sekarang sampai yang akan datang, untuk keberlanjutan kehidupan. Tujuan ini seperti yang terkandung dalam indikator-indikator manusia yang melek lingkungan atau memiliki environmetal literacy dalam tingkat yang baik.
Copyrights © 2023