Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mengenal konsep geometri pada anak usia 5-6 tahun TK Al-Husna Pekanbaru. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini yakni anak usia 5-6 tahun di TK Al Husna Pekanbaru yang berjumlah 18 anak, sedangkan teknik sampling yang digunakan yaitu sampling jenuh sehingga sampel penelitian 18 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observsai, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian yakni kemampuan mengenal konsep geometri pada anak Usia 5-6 Tahun di TK Al Husna Pekanbaru berada pada kreteria “MB” (Mulai Berkembang). Hal ini dibuktikan dengan rumus teknik statistik deskriptif persentase y dari analisis kemampuan mengenal konsep geometri pada anak usia 5-6 tahun didapatkan data observasi atau skor 49% berada pada rentang 41%-55% yang dapat diartikan bahwa kemampuan anak mengenal konsep geometri sudah mulai bisa meski masih banyak yang salah dalam mencocokan, menyebutkan, membandingkan bentuk konsep geometri
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023