Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 2 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research (Special Issue)

Analisis Diksi Dan Gaya Bahasa Pada Iklan Minuman di Stasiun Televisi Swasta Sebagai Bahan Ajar Teks Iklan di SMP

Dewy Kusuma Waty (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Wienike Dinar Pratiwi (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Roni Nugraha Syafroni (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan diksi dan gaya bahasa yang terdapat dalam slogan iklan minuman di stasiun televisi swasta. Subjek penelitian yang digunakan adalah 19 slogan iklan minuman pada stasiun televisi swasta, di antaranya Indosiar, RCTI, SCTV, ANTV, MNCTV, MetroTV, Trans TV, Trans7, GTV, dan tvONE yang ditayangkan setiap hari di televisi dengan rentang waktu 9 Februari 2022 sampai 10 Maret 2022. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah gaya bahasa yang terdapat pada slogan iklan minuman di stasiun televisi swasta, di antaranya Indosiar, RCTI, SCTV, ANTV, MNCTV, MetroTV, Trans TV, Trans7, GTV, dan tvONE yang ditayangkan setiap hari di televisi dengan rentang waktu 9 Februari 2022 sampai 10 Maret 2022. Data berasal dari slogan iklan minuman di stasiun televisi swasta yang disajikan dalam bentuk frasa, kalimat dan gambar iklan produk minuman. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui teknik dokumentasi dan teknik simak-catat. Ada pun instrumen penelitian yang digunakan adalah human instrument. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diksi yang terdapat pada slogan iklan minuman ditemukan 19 diksi, di antaranya 3 makna denotasi, 3 makna konotasi, 3 makna kata abstrak, 1 makna kata umum, 1 kata makna populer, 8 kesesuaian pilihan kata, 19 gaya bahasa, terdiri dari 2 gaya bahasa sinekdoke, 3 gaya bahasa personifikasi, 6 gaya bahasa hiperbola, 3 gaya bahasa metafora, 3 gaya bahasa elipsis, 1 gaya bahasa repitisi, dan 1 gaya bahasa aliterasi. Dari hasil analisis ini dapat dimanfaatkan untuk membuat bahan ajar berupa diktat dengan materi teks iklan di SMP kelas VIII.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...