Jurnal Cahaya Mandalika
Vol. 3 No. 2: Jurnal Cahaya Mandalika

ANALISIS KOMUNIKASI PEMASARAN SEBAGAI UPAYA MENCAPAI TUJUAN PEMASARAN RUMAH SAKIT: LITERATUR REVIEW

Hadi , Putri Halley Sari (Unknown)
Sulistiadi, Wahyu (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2023

Abstract

Strategi pemasaran menjadi salah satu cara yang efektif dalam memenangkan persaingan yang terjadi antar rumah sakit. Komunikasi pemasaran menjadi salah satu strategi pemasaran yang dapat digunakan rumah sakit dalam mempromosikan, memperkenalkan, dan menyampaikan informasi terkait rumah sakit pada masyarakat. Tujuan kajian literatur ini adalah untuk menganalisis terkait komunikasi pemasaran sebagai upaya mencapai tujuan pemasaran rumah sakit. Penulisan ini dilakukan secara literature review dari database Google Scholar, Pro Quoest, dan Garuda. Artikel diskrining sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Sebanyak 6 artikel disaring dari 56 artikel dan kemudian dilakukan kajian literatur yang membahas komunikasi pemasaran sebagai upaya dalam mencapai tujuan pemasaran rumah sakit. Diketahui bahwa tiap rumah sakit memiliki cara sendiri dalam melaksanakan komunikasi pemasaran namun dengan tetap memperhatikan situasi dan kondisi sekitar. Selain itu diketahui bahwa komunikasi pemasaran berpengaruh terhadap tujuan pemasaran. Rumah sakit perlu untuk melakukan analisis menyeluruh terhadap kommunikasi pemasaran yang akan dilaksanakan untuk mencapai tujuan pemasaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JCM

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

This journal is a means of scientific publication to develop knowledge and information. This journal specifically contains the results of research carried out in all scientific fields. Apart from publishing research results, this journal also accepts manuscripts from literature reviews and other ...