Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4, No 1 (2023): JURNAL FIBONACI: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Implementasi Media Interaktif Visual Scratch untuk Mengoptimalkan Kemampuan Kreatif Matematis Siswa SD

Nabila Nurhaliza Ali (Program Pascasarjana Universitas Siliwangi Tasikmalaya)
Puji Lestari (Program Pascasarjana Universitas Siliwangi Tasikmalaya)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2023

Abstract

Keterampilan Berpikir kreatif matematis menjadi nilai utama setiap orang, yang ditekankan Kemendikbud melalui kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan visual scratch terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis pada siswa kelas V SDN 6 Ciamis. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa pre-test dan post-test melalui soal open-ended. Subyek penelitian siswa kelas V di SDN 6 Ciamis berjumlah 14 siswa. Sebelum dilakukan uji hipotesis, dilakukan uji prasyarat data yaitu uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan berpikir kreatif siswa sebelum dan sesudah menggunakan Visual Scratch. Hal ini dikarenakan frekuensi siswa mengenal media visual scratch sangat singkat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JFi

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika berisi artikel-artikel mengenai pendidikan matematika yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Naskah berupa diseminasi hasil penelitian yang dihasilkan oleh ahli, ilmuwan, praktisi, dan mahasiswa dalam bidang Pendidikan Matematika ...