Media sosial merupakan salah satu sarana komunikasi yang makin banyak digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Kemudahan, kecepatan, komunikasi dua arah, serta harga yang terjangkau merupakan beberapa kelebihan utama komunikasi melaui media sosial. Konsumen mengubah peran mereka dari penerima pasif atas pesan-pesan atau iklan pemasaran menjadi pemasok informasi yang aktif. Komunikasi di antara para konsumen yang terjadi di dunia maya secara daring disebut sebagai komunikasi electronic word of mouth (e-WoM). Komunikasi e-WoM merupakan bagian integral dari e-commerce. Dengan pertumbuhan pengguna internet yang sangat pesat serta penerimaan para pengguna media sosial atas e-WoM untuk mendapatkan informasi produk—baik berupa barang maupun jasa—maka, penting meneliti faktor-faktor apa saja yang membuat e-WoM menjadi media komunikasi dan iklan produk yang efektif. Artikel ini mendeskripsikan dan menganalisis peran e-WoM sebagai media komunikasi dan sarana promosi untuk memengaruhi keputusan masyarakat untuk mendaftar menjadi mahasiswa di STIE Surakarta periode 2022. Kata Kunci: e-WoM, komunikasi dan promosi.
Copyrights © 2023