Jurnal Bisnisman : Riset Bisnis dan Manajemen
Vol 4 No 3 (2023): Jurnal Bisnisman : Riset Bisnis dan Manajemen

Hubungan Antara Sarana Prasarana, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Mahasiswa: Perspektif dan Implikasinya

Titin Dunggio titin (Universitas Bina Mandiri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara sarana prasarana, kualitas pelayanan, dan kepuasan mahasiswa dalam konteks pendidikan tinggi. Sarana prasarana mencakup fasilitas fisik dan non-fisik yang tersedia di lembaga pendidikan, sementara kualitas pelayanan merujuk pada upaya lembaga dalam memenuhi kebutuhan dan harapan mahasiswa melalui pelayanan yang efektif, efisien, dan responsif. Kepuasan mahasiswa mencerminkan tingkat kepuasan mereka terhadap kualitas pelayanan yang diterima dan tingkat pemenuhan kebutuhan serta harapan mereka. Metode penelitian yang digunakan melibatkan pengumpulan data melalui survei kepada mahasiswa sebagai responden yang mewakili populasi mahasiswa. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik statistik untuk mengidentifikasi hubungan antara sarana prasarana, kualitas pelayanan, dan kepuasan mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara sarana prasarana yang memadai, kualitas pelayanan yang tinggi, dan kepuasan mahasiswa. Dalam konteks ini, ketika sarana prasarana yang memadai disediakan dan kualitas pelayanan yang baik diberikan, mahasiswa cenderung merasa puas dengan pengalaman pendidikan mereka.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

bisnisman

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Bisnis dan Manajemen (BISNISMAN) ini diterbitkan oleh Program Studi Manajemen Universitas Nusa Putra, sebagai jurnal yang terbit setiap empat bulanan yang fokus menyajikan tulisan-tulisan tentang bisnis, manajemen dan kewirausahaan. Jurnal ini berisi artikel-artikel penelitian atau ...