Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian
Vol 4, No 4 (2019): November 2019

Analisis Distribusi dan Efisiensi Pemasaran Pupuk Magnesium Kieseriete di Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar

Nita Fitriawati (Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala)
Akhmad Baihaqi (Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala)
Suyanti Kasimin (Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
07 Mar 2020

Abstract

Abstrak. Kecamatan Indrapuri merupakan salah satu kecamatan yang memproduksi pupuk magnesium kieseriete. Terdapat tiga perusahaan pupuk magnesium kieseriete yang ada di Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar yaitu CV. Agro Makmur Mandiri,CV Raja Tambang Mas dan CV. Pusaka Alam. Ketiga perusahaan tersebut merupakan kegiatanusaha yang memproduksidanmemasarkan pupuk magnesium kieseriete. Harga pupuk magnesium kieseriete ditingkat produsen sebesar Rp 620 - 660/Kg. Sedangkan harga pupuk magnesium kieseriete ditingkat konsumen sebesar Rp 660/Kg sampai Rp 5.033/Kg. Setiap perusahaan didalam menjalankan usahanya tentunya ingin mendapatkan keuntungan yang optimal, maka diperlukan adanya sistem distribusi yang efisien. Penelitian ini bertujuan untukmenganalisis saluran distribusi dan efisiensi pemasaran pupuk magnesium kieseriete di Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar, untuk mengetahui kendala-kendala distribusi yang dihadapi perusahaan pupuk magnesium kieseriete di Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar.Jenis penelitian yang digunakan yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis margin pemasaran, pendapatan, efisiensi pemasaran dan analisis deskriptif untuk mengetahui kendala-kendala dalam distribusi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan usaha pada ketiga perusahaan pupuk magnesium kieseriete mencakup input, proses produksi, output dan pemasaran. Terdapat dua jenis saluran distribusi untuk pupuk magnesium kieseriete, Saluran I : Produsen, Distributor, Pedagang Pengecer dan Konsumen Petani. Saluran II : Produsen dan Konsumen Perusahaan. Berdasarkan hasil analisis efisiensi pemasaran pupuk magnesium kieseriete pada perusahaan produsen pupuk magnesium kieseriete sama-sama sudah efisien.Akan tetapi CV. Agro Makmur Mandiri lebih efisien dibandingkan kedua CV lainnya. Hal ini dapat dilihat dari nilai efisiensi pemasaran CV. Pusaka Alam yaitu sebesar 24,19 %. Berdasarkan analisis deskriptif kendala-kendala pemasaran yang dihadapi produsen perusahaan pupuk magnesium kieseriete adalah faktor alam yaitu apabila musim hujan pengambilan bahan baku di pegunungan menjadi terhambat dikarenakan situasi pegunungan yang becek, proses pengeringan pupuk menjadi terhambat, dan harga pupuk magnesium kieseriete yang berfluktuasi.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JFP

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian (JIMFP) diterbitkan oleh Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala. Merupakan media jurnal elektronik sebagai wadah untuk penyebaran dan publikasi hasil penelitian dari skripsi/tugas akhir dan atau sebagian dari skripsi/tugas akhir mahasiswa strata satu (S1) ...