JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika)
Vol 7, No 1 (2023)

Analisis Kemampuan Number Sense Siswa Berdasarkan Kemampuan Matematika pada Materi Bilangan

Rista Wiladatul Hidayah (Unknown)
Ummu Sholihah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2023

Abstract

Abstrak. Kemampuan Number Sense merupakan kemampuan mengenali bilangan beserta operasinya yang sangat diperlukan untuk membantu siswa belajar matematika. Kemampuan Number Sense setiap siswa berbeda-beda dipengaruhi oleh tingkat pendidikan, pengalaman belajar, serta kemampuan matematika (tinggi, sedang, dan rendah).  Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kemampuan Number Sense siswa berdasarkan kemampuan matematika pada materi bilangan kelas VII MTsN 1 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatakan kualitatif deskriptif. Pengambilan data dengan cara tes tulis, wawancara, dan dokumentasi. Subjek terpilih yaitu 3 subjek sesuai dengan kategori tinggi, sedang, dan rendah. Analisis data dengan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan siswa berkemampuan matematika tinggi dan sedang mampu menilai kewajaran suatu hasil perhitungan, menenetukan karakteristik hasil operasi bilangan dan implikasinya. Namun, subjek kemampuan matematika sedang belum mampu menentukan estimasi terdekat pada suatu hasil operasi bilangan dan merepresentasikannya. Keduanya juga belum mampu menenentukan sifat berurutan dan keteraturan pada sistem bilangan. Sedangkan siswa berkemampuan matematika rendah hanya mampu menentukan estimasi terdekat pada suatu hasil operasi bilangan dan merepresentasikannya, namun belum memenuhi kemampuan Number Sense yang lain.Kata Kunci:Kemampuan Number Sense, Kemampuan Matematika, Bilangan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JNPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

JNPM mempublikasikan kajian teori ataupun penelitian empiris terkait dengan pengajaran dan pembelajaran spesifik dalam bidang Pendidikan Matematika. JNPM menerima publikasi dari guru-guru matematika (SD, SMP, SMA) serta dari pemerhati dan peneliti pendidikan matematika. Ruang lingkup artikel ilmiah ...