JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika)
Vol 7, No 2 (2023)

Performance Assessment pada Pembelajaran Matematika

Mikiyana Ramadani (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Indonesia)
Yuyu Yuhana (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Indonesia)
Sukirwan Sukirwan (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Indonesia)
Heni Pujiastuti (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Indonesia)
Syamsuri Syamsuri (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2023

Abstract

Abstrak. Matematika merupakan salah satu ilmu yang wajib dipelajari oleh semua kalangan, baik dari jenjang SD maupun Perguruan Tinggi. Namun, untuk menilai suatu pembelajaran, seperti matematika, diperlukan asesmen atau bentuk penilaian yang baik. Hal ini diharapkan agar semua aspek dapat terlihat dan terukur kecapaiannya. Maka dari itu penelitian ini akan mengkaji asesmen kinerja atau (Performance Assessment) menggunakan systematic literature review dimana peneliti mengkaji beberapa artikel dari tahun 2013-2022 dan mengambil kesimpulan dari studi literatur tersebut. Dari 163 artikel atau studi literatur yang diperoleh, hanya 18 yang akan diolah setelah melakukan langkah-langkah oleh Transfield (Tranfield et al., 2003). Pada kesimpulannya, diperoleh bahwa asesmen kinerja dapat dengan efektif berpengaruh dalam pembelajaran matematika.Kata Kunci: Penilaian Kinerja, Langkah Tansfield, Matematika

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JNPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

JNPM mempublikasikan kajian teori ataupun penelitian empiris terkait dengan pengajaran dan pembelajaran spesifik dalam bidang Pendidikan Matematika. JNPM menerima publikasi dari guru-guru matematika (SD, SMP, SMA) serta dari pemerhati dan peneliti pendidikan matematika. Ruang lingkup artikel ilmiah ...