JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika)
Vol 5, No 2 (2021)

Pemodelan Matematika: Dapatkah Autograph Meningkatkan Representasi Semiotik Matematik Siswa?

Afrilia Eka Choiriyaza (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)
Kadir Kadir (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)
Moria Fatma (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2021

Abstract

Abstrak. Representasi semiotik matematik merupakan bagian dari representasi matematika yang memegang peranan penting dalam berkomunikasi dan beriinteraksi di era abad digital 4.0.  Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan representasi semiotik matematik siswa melalui intervensi metode pemodelan matematika berbantuan Autograph. Penelitian dilaksanakan di salah satu sekolah di Tangerang Selatan menggunakan metode kuasi eksperimen dengan randomized control group posttest only design. Sampel sebanyak 64 siswa, kelompok eksperimen 31 siswa dan kelompok kontrol 33 siswa berdasarkan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian mengungkap bahwa penggunaan metode pemodelan matematik berbantuan Autograph dapat meningkatkan kemampuan representasi semiotik matematik. Capaian kemampuan representasi semiotik matematik meliputi kemampuan menuangkan gagasan dalam bentuk gambar (ikonik), ekspresi matematik (simbolik), dan kata-kata (indeks). Dari ketiganya, peningkatan representasi simbolik lebih baik dibandingkan ikonik dan indeks.Kata Kunci: Pemodelan matematika, Autograph, Kemampuan representasi semiotik matematik

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JNPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

JNPM mempublikasikan kajian teori ataupun penelitian empiris terkait dengan pengajaran dan pembelajaran spesifik dalam bidang Pendidikan Matematika. JNPM menerima publikasi dari guru-guru matematika (SD, SMP, SMA) serta dari pemerhati dan peneliti pendidikan matematika. Ruang lingkup artikel ilmiah ...