e-Jurnal Apresiasi Ekonomi
Vol 2, No 2 (2014)

PENGARUH NILAI PELANGGAN TERHADAP KEPUASAN DALAM MEMBENTUK LOYALITAS SISWA SMP IT PASAMAN BARAT

Yurasti Yurasti (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pasaman)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk melihat bagaimana Nilai Pelanggan berpengaruh terhadap Loyalitas siswa SMP IT Pasaman Barat melalui kepuasan siswa sebagai variabel intervening. Penelitian dilakukan terhadap siswa SMP IT Pasaman Barat. Kuesioner telah diberikan kepada 173 orang  siswa dan semuanya terisi lengkap. Tehnik  pengukuran variabel penelitian dilakukan dengan skala likert. Hasil pengujian dengan regresi sederhana dan regresi bertingkat menunjukkan bahwa nilai pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan siswa dan kepuasan siswa berpengaruh positif dan signifikan pula terhadap loyalitas. Nilai pelanggan secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas siswa SMP IT Pasaman Barat. Pengujian variabel kepuasan siswa sebagai intervening menunjukkan bahwa variabel ini berperan sebagai intervening parsial. Temuan diatas menunjukkan bahwa nilai pelanggan atau manfaat yang diperoleh siswa SMP IT Pasaman Barat mempengaruhi kepuasan dan loyalitas siswa sementara itu meski kepuasan siswa memediasi pengaruh nilai pelanggan terhadap loyalitas, namun  demikian pengaruh secara langsung tetap signifikan. Kata kunci : Loyalitas, Kepuasan, Nilai Pelanggan.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

apresiasiekonomi

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

topics that will be published in this journal are: 1. Development theory and application of management science; 2. Study of entrepreneurship and entrepreneurship development; 3. Development and research on applying the theory of business science 4. Community economic development. But the other ...