Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol. 10 No. 1 (2019): JURNAL GENTA MULIA

PENGARUH PERSEPSI ATAS KINERJA GURU DAN KINERJA KEPALA SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN PPKn

Nanda Lega Jaya Putra (STKIP Kusuma Negara)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2019

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi atas kinerja gurudan persepsi atas kinerja kepala sekolah terhadap motivasi belajar siswa. Mengetahui pengaruhpersepsi atas kinerja guru dan terhadap motivasi belajar siswa. Mengetahui pengaruh persepsiatas kinerja kepala sekolah terhadap motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakanadalah survei. Sampel berukuran 60 siswa yang dipilih secara random dari seluruh siswa SMKAnalis Kesehatan di Jakarta Timur. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik wawancara,pengamatan langsung, penyebaran angket. Anilisis data dengan metode regresi sederhana danregeresi ganda. Uji statistik dipergunakan uji t dan uji f. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal10 maret sampai 31 mei 2013. Hasil penelitian menunjukkan persepsi atas kinerja guru dankinerja kepala sekolah terhadap motivasi belajar siswa dengan analisa regresi ganda adalahsebagai berikut : Ÿ = 49,641 + 0,473 X1 + 0,220 X2. Sedangkan t = 3,888 dan 2,066 Daripersamaan tersebut secara bersama – sama menunjukkan bahwa variabel persepsi atas kinerjaguru dan kinerja kepala sekolah terhadap motivasi belajar siswa sebesar 47,4% dan sangatsignifikan (Koef Determinasi R2 = 22.5% dengan nilai uji F = 8,275). Begitu pula setiapkenaikan satu unit kinerja guru menaikan sebesar 0,473 unit secara signifikan (to= 3,888 lebihbesar dari ttabel) ceteris paribus. Lebih lanjut pula setiap kenaikkan satu unit kinerja kepalasekolah akan meningkatkan motivasi belajar siswa sebesar 0,220 unit secara signifikan (to=2,066 lebih besar dari ttabel)ceteris paribus.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

gm

Publisher

Subject

Aerospace Engineering

Description

Jurnal Ilmiah dengan fokus semua bidang Pendidikan (pendidikan dasar hingga perguruan tinggi). Journal ini di publish secara berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan ...