MEANS (Media Informasi Analisa dan Sistem)
Volume 8 Nomor 1

Penerapan Data Mining Klasifikasi Kepuasan Pelanggan Transportasi Online Menggunakan Algoritma C4.5

Jannah , Ely (Unknown)
Sihombing, Volvo (Unknown)
Masrizal, Masrizal (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 May 2023

Abstract

Klasifikasi kepuasan pelanggan pengguna transportasi online merupakan suatu sikap positif atau respon pelanggan terhadap pelayanan penggunaan transportasi online. Pengklasifikasin kepuasan pengguna transportasi online ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas perusahaan khususnya di bidang pelayanan pengguna transportasi roda dua. Dalam penelitian ini, tingkat kepuasan pelanggan diklasifikasian dalam empat atribut yaitu harga, fasilitas, pelayanan, dan loyalitas sehingga dari ke empat atribut tersebut dapat diperoleh hasil pengklasifikasian tingkat kepuasan pelanggan dalam kategori puas dan tidak puas. Dengan menerapkan berbagai persamaan dan langkah-langkah mengenai perhitungan algoritma C4.5, yaitu dengan menghitung entropy, split info, gain dan nilai gain ratio dengan atribut Fasilitas, Pelayanan, Loyalitas, Kategori. Himpunan Atribut yaitu Sangat Puas, Puas, Cukup Puas, Tidak Puas, Sangat Tidak Puas. Input data sebanyak 155 data. Dari data tersebut maka dibagi 2 yaitu 100 data data latih (training) dan 55 data data uji (testing). klasifikasi kepuasan pelanggan “Tidak Puas” sebanyak 91 orang pelanggan, sedangkan yang “Tidak Puas” sebanyak 9 orang pelanggan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Jurnal_Means

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal MEANS berdiri sejak Tahun 2016 dengan SK dari LIPI yaitu p-ISSN : 2548-6985 (Print) dan e-ISSN : 2599-3089 (Online) Terbit dua kali setiap Tahunnya yaitu Periode I Bulan Juni dan Periode II Bulan Desember Hasil Plagirisme Maksimal 25%, Lebih dari 25% Artikel Tidak Bisa Publish. Ruang lingkup ...