Tujuan penelitian ini adalah untuk mendesain pembelajaran kesebangunan bangun datar melalui perancangan hipotesis lintasan belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode penelitian desain, yang meliputi tahapan sebagai berikut: persiapan dan desain, eksperimen pengajaran, dan analisis retrospektif. Pengumpulan data dilakukan dengan beberapa teknik yaitu dokumentasi hasil kerja siswa, rekaman video, dan wawancara selama kegiatan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus di SMP Negeri 3 Kota Serang. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX C (siklus pertama) dan IX A (siklus kedua). Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dapat melalui hipotesis lintasan belajar melalui konteks bangunan bersejarah kota tua, yang terdiri dari aktivitas: (1) mengamati gambar asli dengan gambar di dalam foto, (2) menunjukkan bagian yang bersesuaian, (3) menemukan perbandingan yang sama, (4) mengidentifikasi dua bangun datar, (5) mengelompokkan sisi dan sudut yang bersesuaian dengan bantuan geogebra, (6) menganalisis syarat kesebangunan bangun datar, (7) memecahkan masalah kontekstual yang berkaitan dengan kesebangunan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023