Abstrak- E-learning merupakan pembelajaran berbantuan komputer yang di gunakan untuk menunjang proses belajar mengajar. Penggunaan metode e-learning diharapkan mampu membantu fungsi guru dalam menyampaikan suatu materi pelajaran apabila guru berhalangan hadir di kelas, dan juga siswa dapat belajar secara individu dimanapun dan kapanpun.Dalam skripsi ini, akan dibuat e-learning berbasis web sebagai sarana pembelajaran di SMP Negeri 4 SATU ATAP. E-learning ini dibuat menggunakan metode penelitian deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus pada sekolahan, dimana teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi, wawancara, dan studi literatur. Untuk metode pendekatan yang digunakan adalah analisis dan perancangan terstruktur, dan metode pengembangan yang digunakan adalah waterfall, dengan tahapan Requirement spesification, Architectural design, Detailed, Coding, Testing and Impementation, dan Maintenence. Sedangkan alat bantu yang digunakan adalah Flowmap, Diagram Konteks, Data Flow Diagram, Kamus data, ERD, Normalisasi dan Tabel relasi.Berdasarkan hasil pengujian, disimpulkan bahwa memungkinkan terjadinya keterlambatan dalam proses manipulasi data dan keterlambatan pada setiap tampilan data yang muncul. Sedangkan berdasarkan pengamatan menyimpulkan bahwa sistem dinilai sudah cukup baik, dapat dipelajari, mudah digunakan, dengan tampilan menarik. Sistem yang dibuat sudah sesuai dengan kebutuhan apa yang diharapkan para pelajar.Kata Kunci : Sistem informasi e-learning
Copyrights © 2023