Pemanfaatan teknologi pembayaran memberikan kemudahan bagi pelaku UMKM dan pelanggan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas layanan. Salah satu produk yang mendukung yaitu QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) dan QRcode. Penggunaan QRIS sebagai bentuk perhatian terhadap kemudahan transaksi yang dapat diterapkan pada pelanggan dan QRcode sebagai bentuk pemberian informasi yang praktis sehingga dapat discan dan muncul berbagai hal yang dapat dibaca oleh pelanggan secara cepat melalui handphonenya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dampak QRIS dan QRcode pada layanan yang diberikan oleh UMKM kepada pelanggannya. Pada kenyataannya sebagian besar pelaku UMKM sudah memasang kode QRIS pada usahanya dengan tujuan memudahkan pembayaran dan bisa mengikuti perkembangan sehingga akan mendorong pada peningkatan kualitas layanan. Pelaku UMKM harus dapat merespon dengan cepat penggunaan perangkat digital menuju digitalisasi usaha modern
Copyrights © 2023