Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh strategi pembelajaran mencaripasangan dan kekuatan dua kepala terhadap hasil belajar; (2) Pengaruh gaya belajar auditori dankinestikterhadap hasil belajar IPS siswa; (3) Interaksi antara strategi pembelajaran dengan gaya belajardalam mempengaruhi hasil belajar IPS siswa.Penelitian ini dilaksanakan di Permata Amanda Medanpada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Instrumen yang digunakan untuk mengumpul dataadalah tes hasil belajar IPS dan lembar observasi gaya belajar. Metode penelitian menggunakanmetode quasi eksperimen dengan desain penelitian factorial 2x2. Teknik analisis datamenggunakan ANAVA pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil analisis penelitian menunjukkanbahwa: (1) Hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kekuatan dua kepalalebih tinggi dari pada hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran mencaripasangan (Fhitung = 4,65> Ftabel = 3,96); (2) Hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan gaya belajarauditori lebih tinggi dari pada hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan gaya belajar kinestik(Fhitung = 7,97 >Ftabel = 3,96); dan (3) Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan gayabelajar terhadap hasil belajar IPS siswa (Fhitung = 4,47> Ftabel = 3,96). Hasil penelitian dapatdisimpulkan bahwa strategi pembelajaran kekuatan dua kepala lebih baik digunakan untukmembelajarkan siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi sedangkan strategi pembelajaranmencari pasnagan baik digunakan kepada siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah danterdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar.
Copyrights © 2020