Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektifitas model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar IPA, untuk menguji efektifitas strategi pembelajaran frayer terhadap hasil belajar IPA, untuk menguji efektifitas model pembelajaran make a match terintegrasi dengan strategi frayer terhadap hasil belajar IPA materi siklus air pada siswa kelas V MI Ma’arif NU Pulutan Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian eksperimen semu dengan bentuk control group design. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V MI Ma’arif NU Pulutan, teknik pengambilan sampel menggunakan bentuk purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis, uji kesamaan rata-rata, uji perbedaan rata-rata dua kelompok yang berpasangan dan uji hipotesis. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji independent samples t test, uji one way anova. Berdasarkan hasil penelitian dan uji hipotesis, peneliti dapat memberi kesimpulan sebagai berikut: 1) Model pembelajaran make a match efektif terhadap hasil belajar IPA berdasarkan nilai thitung > ttabel (13,230 > 2,003) dan nilai signifikansinya 0,000, (0,000 < 0,05). 2) Strategi pembelajaran frayer efektif terhadap hasil belajar IPA berdasarkan nilai thitung > ttabel (4,216 > 2,003) dan nilai signifikansinya 0,000, (0,000 < 0,05). 3) Model pembelajaran make a match terintegrasi dengan strategi frayer efektif terhadap hasil belajar belajar IPA berdasarkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan thitung > ttabel (7,522 > 2,005).
Copyrights © 2023