Jurnal Bisnis Manajemen dan Akuntansi
Vol 5 No 1 (2023): Jubisma Vol. 5 No. 1 Tahun 2023

PENGARUH MOTIVASI, PERSEPSI DAN SIKAP KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DODOL BETAWI CEGER SUKAJAYA

Sarmin Sarmin (STIE Ekadharma Indonesia)
Tasya Nur Mahdi (Unknown)
Rinaldi Sri Herlambang (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2023

Abstract

Memahami perilaku konsumen dalam memutuskan membeli suatu produk merupakan hal yang penting dalam pemasaran. Banyak faktor yang mempengaruhi konsumen dalam membuat keputusan pembelian, seperti motivasi, persepsi dan sikap konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi, persepsi dan sikap konsumen terhadap keputusan pembelian Dodol Betawi Ceger Sukajaya ,baik secara parsial maupun simultan. Untuk menguji hubungan antar variable, peneliti menggunakan jenis penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Metode penentuan sampel pada menggunakan rumus Purba, sehingga diperoleh sampel sebesar 100 orang, dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data yang digunakan adalah data primer berupa kuisioner. Metode analisis yang digunakan meliputi uji instrument, uji asumsi klasi dan uji regresi linier berganda dengan menggunakan alat bantu SPSS Versi 23.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial motivasi berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Persepsi berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian. Sikap konsumen berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian. Secara simultan motivasi, persepsi, dan sikap konsumen berpengaruh terhadap keputusan pembelian Dodol Betawi Ceger Sukajaya. Besar pengaruh motivasi, persepsi, dan sikap konsumen berpengaruh terhadap keputusan pembelian Dodol Betawi Ceger Sukajaya ditunjukkan dengan koefisien determinasi sebesar 0,680. Hal ini menunjukkan bahwa 68% keputusan pembelian dipengaruhi oleh motivasi, persepsi, dan sikap konsumen dan sisanya sebesar 0,320 atau 32,0% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JUBISMA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal JUBISMA diterbitkan oleh LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia merupakan Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi fokusnya di bidang Manajemen dan Akuntansi yang memuat hasil penelitian murni dan terapan dengan scope : Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Keuangan, Manajemen ...