Inovtek Seri Mesin
Vol 1, No 1 (2020)

Analisa Kegagalan Sistem Kemudi Rack and Pinion pada Mobil Listrik Laksmana V2 dengan Metode FMEA (Failure Mode Effect and Analysis)

Muhammat Tarmizi (Unknown)
Razali Razali (Politeknik Negeri Bengkalis)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2020

Abstract

Sistem kemudi yang paling banyak digunakan yaitu sistem kemudi rack and pinion.Sistem kemudi kendaraan pada umumnya ditunjang dengan mekanisme power steering untukmenunjang keamanan dan kestabilan. Mekanisme power steeringyang banyak digunakan yaitu hidrolikpower steering dan electrical power steering. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi carakerja dan kegagalan yang terjadi pada kemudi tipe rack and pinion pada mobil listrik laksmana V2penelitian ini di lakukan di bengkel teknik mesin politeknik negeri Bengkalis metode di gunakan untukmenganalisa kegagalan sistem kemudi rack and pinion dengan metode (failure mode effect andanalysis). Dari hasil penelitianterdapat 3 kegagalan fungsi sistem kemudi pada mobil listrik yaitu gerakbbas sudut dan kesetabilan sistem kemudi yang mana yang paling berpotensi kerusakan pada sudutroda.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ISM

Publisher

Subject

Aerospace Engineering Automotive Engineering Engineering Materials Science & Nanotechnology Mechanical Engineering

Description

Inovtek Seri Mesin published original, theoretical, and applied research in the domain of mechanical engineering. The topics include, but not limited to : • Material & Manufacturing Production • Mechanical Design & Mechanism • Renewable Energy & Thermofluids • Mechatronics, Robotics, & ...