Observasi pada pembelajaran PJOK yang dilakukan oleh peneliti pada peserta didik kelas VI SDN Kapasari V / 296 Surabaya terbilang monoton dan berpusat pada guru. Hal ini menyebabkan kurangnya pengetahuan dan keterampilan peserta didik khususnya pada materi lari jarak pendek, sehingga sangat diperlukan perhatian khusus yang perlu di terapkan pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan Penelitian tindakan kelas untuk mengetahui meningkat atau tidaknya hasil belajar peserta didik pada materi lari jarak pendek dengan menggunakan permainan dan media pembelajaran. Peserta didik kelas VI SDN Kapasari V Surabaya sebanyak 16 peserta didik (Pa : 11 dan Pi : 5). Hasil belajar pada aspek pengetahuan dengan menerapkan media gambar dapat menunjukkan rata – rata nilai yang di peroleh peserta didik pada siklus 1 yaitu mencapai nilai 70. Penerapan media pembelajaran berupa video yang diberikan pada siklus 2 mampu meningkatkan hasil belajar dengan memperoleh nilai rata – rata 80. Dan dengan menerapkan media pembelajaran pada siklus 3 berupa Power Point mampu memperoleh nilai rata – rata 95. Sedangkan pada hasil belajar aspek keterampilan dengan menerapkan metode bermain, pada siklus 1 sebanyak 44% dari jumlah keseluruhan peserta didik mampu mencapai ketuntasan pada 3 aspek penilaian (start, lari dan finish). Pada siklus 2 hasil belajar menunjukan pada aspek start keberhasilan mencapai 69% dan 94% pada aspek lari dan finish. Pada siklus 3 keberhasilan peserta didik mencapai 100% pada seluruh aspek.
Copyrights © 2023