Latar belakang: Di era globalisasi, rumah sakit dituntut selalu berinovasi serta mampu mempertahankan pelanggan serta melakukan penyesuaian terhadap perubahan pasar. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan strategi promosi, diantaranya melalui segmenting, targeting, dan positioning. Tujuan: Untuk membahas bagaimana strategi segmenting, targeting, dan positioning diterapkan sebagai salah satu strategi pemasaran rumah sakit. Metode: Studi literature review dengan jurnal penelitian yang sudah dipublikasikan di rentang waktu 5 tahun terakhir. Hasil: Rumah sakit telah melakukan strategi pemasaran berupa Segmenting, Targeting, dan Positioning. Ketiga hal tersebut menjadi cara yang tepat dalam memperbaiki pelayanan kesehatan berdasarkan apa yang dibutuhkan pasien Kesimpulan: perlu melakukan penguatan strategi promosi khususnya segmenting, targeting, dan positioning untuk meningkatkan kualitas layanan, meninggalkan kesan yang baik, dan memperoleh profit.
Copyrights © 2023