Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI)
Vol. 6 No. 6: JUNE 2023 - Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI)

Efektivitas Efektivitas Strategi Segmenting, Targeting, Positioning terhadap Pelayanan Kesehatan : Literature Review: The Effectiveness of Segmenting Strategy, Targeting, Positioning on Health Services : Literature Review

Oka Wilsen Joung (Program Studi Manajemen Administrasi Rumah Sakit, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia)
Wahyu Sulistiadi (Departemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2023

Abstract

Latar belakang: Di era globalisasi, rumah sakit dituntut selalu berinovasi serta mampu mempertahankan pelanggan serta melakukan penyesuaian terhadap perubahan pasar. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan strategi promosi, diantaranya melalui segmenting, targeting, dan positioning. Tujuan: Untuk membahas bagaimana strategi segmenting, targeting, dan positioning diterapkan sebagai salah satu strategi pemasaran rumah sakit. Metode: Studi literature review dengan jurnal penelitian yang sudah dipublikasikan di rentang waktu 5 tahun terakhir. Hasil: Rumah sakit telah melakukan strategi pemasaran berupa Segmenting, Targeting, dan Positioning. Ketiga hal tersebut menjadi cara yang tepat dalam memperbaiki pelayanan kesehatan berdasarkan apa yang dibutuhkan pasien Kesimpulan: perlu melakukan penguatan strategi promosi khususnya segmenting, targeting, dan positioning untuk meningkatkan kualitas layanan, meninggalkan kesan yang baik, dan memperoleh profit.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

MPPKI

Publisher

Subject

Public Health

Description

Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) periodic scientific journal that is published by Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu. with ISSN Number: 2597-6052 (Online - Electronic). This journal accepts scientific papers in the form of research articles and review ...