eCo-Fin
Vol. 5 No. 2 (2023): eCo-Fin

Peranan Waiters Dalam Menjaga Kepuasan Tamu di Alamanda Resto Sofia Hotel

Sri Wahyuningsih Handayani (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika)
Leonard Adrie Manafe (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika Surabaya)
Muslikhun (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2023

Abstract

Alamanda Resto Sofia Hotel (ARSH) bukan hanya sekedar suatu tempat makan melainkan bisa dikatakan sebagai tempat untuk berbisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan waiters dalam melayani tamu dengan baik demi meningkatkan kepuasan tamu di ARSH. Kepuasan tamu merupakan bagian penting yang harus diperhatikan dan membutuhkan tanggung jawab dari pihak manajemen dan karyawan dengan memberikan pelayanan yang berkualitas. Menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui sesi wawancara dengan sejumlah karyawan restoran sebanyak enam informan. Objek dari penelitian ini adalah peranan waiters dalam menjaga kepuasan tamu di ARSH. Penelitian ini menunjukkan: Pertama, kualitas pelayanan waiters terhadap kepuasan tamu sangatlah penting untuk menunjang kelancaran operasional dan peningkatan omset atau revenue restoran serta hotel; Kedua, mewujudkan quality service dengan standar yang berlaku di perusahaan yang bertujuan untuk mengambil hati tamu untuk dapat kembali lagi ke restoran. Penelitian ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, guna mengetahui peranan waiters dalam meningkatkan kepuasan tamu di ARSH dalam ruang lingkup yang lebih luas.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ef

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Focusing on the development of economics, especially finance & accounting, both scientific and practical reviews, is expected to be a scientific medium for the creation of integration between theoretical studies and practical studies for the development of economics in various social aspects. ...