Analisa kapasitas dukung tiang pada pondasi sangat diperlukan untuk mendapatkan perencanaan pondasi yang memenuhui persyaratan. Pada perekerjaan Pembangunan Jalan Tol Medan – Binjai Seksi 1 di lokasi (RAMP 4 – A2) Enter Change BH-4 Jalan Tol Belmera Tanjung Mulia Medan. Menggunakan pondasi dalam karena kondisi tanah dasar dibawah bangunan tidak mempunyai daya dukung yang cukup untuk menahan beban dari bangunan tersebut. Banyak metode perhitungan untuk menganalisis kapasitas dukung tiang pada pondasi, untuk itu perlu dilakukan analisis kapasitas dukung dari beberapa hasil penyelidikan tanah di lapangan seperti data Standard Penetration Test (SPT).Analisa pondasi tiang pancang pada perkerjaan Pembangunan Jalan Tol Medan – Binjai Seksi 1 di Lokasi (RAMP 4 – A2) Enter Change BH-4 Jalan Tol Belmera Tanjung Mulia Medan, dilakukan dengan menganalisa kapasitas dukung tiang pada pondasi tunggal dan eksisting dengan menggunakan Terzaghi dan Mayerhoff pada data Standard Penetration Test (SPT) sedangkan untuk kapasitas dukung menggunakan metode Overburden dan Metode Brown, berdasarkan hasil pengujian Standard Penetration Test (SPT) kapasitas dukung dengan hasil di lapangan.Hasil perhitungan kapasitas dukung tiang pada pondasi terdapat perbedaan nilai yang dapat dilihat dari beberapa metode perhitungan. Hasil perhitungan kapasitas dukung pondasi tiang tunggal dan tiang bor tunggal pada data SPT metode Terzaghi dan Mayerhoff. Hal ini di lapangan lebih mendekati dengan hasil perhitungan kapasitas dukung SPT.
Copyrights © 2020