Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK)
SEMNASTEK UISU 2021

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN APOTEK RF BANDUNG

Suharyanto Suharyanto (Prodi T.Industri, Prodi T.Informatika, Universitas Kebangsaan)
R.Lisye Herlina (Prodi T.Industri, Universitas Kebangsaan)
Jentot Tugiono (Prodi T.Informatika, Universitas Kebangsaan)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2021

Abstract

Aspek kualitas pelayanan (service quality) dan harga (price) menjadi hal penting bagi pasien atau keuarga pasien dalam menentukan pembelian obat di suatu apotek. Begitu juga dengan pasien (pelanggan) apotek RF Farma Ciwidey Kabupaten Bandung. Apotek RF didirikan pada awal tahun 1990an dengan karyawan saat itu hanya 4 orang.  Sampai saat ini apotek RF berkembang cukup pesat dengan dua cabang, memiliki pelanggan yang loyal sejak dahulu. Sebagai usaha jasa, pengelola opotek RF berusaha memberikan pelayanan yang memuaskan dan harga obat yang kompetitif terhadap pelanggan. Artikel ini membahas bagaimana tanggapan pelanggan atas kualitas pelayanan dan harga obat yang dirasakan dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan apotek RF Farma. Sampel data digunakan sebanyak 70 sampel, dengan metode sampling acak, yang berasal dari pelanggan bulan April-Mei 2021. Hubungan kualitas pelayanan dan harga terhadap loyalitas pelanggan dianalisis dengan model regresi linier  ganda. Hasilnya menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan harga mempengaruhi kepuasan pelanggan secara individual maupun secara bersamaan. Hasil persamaan regresi berupa  Y=0,308X1+0,624X2+2,93.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

semnastek

Publisher

Subject

Engineering

Description

SEMNASTEK UISU memuat tentang artikel hasil penelitian dan kajian konseptual rumpun ilmu bidang teknik. Secara garis besar topik utama yang diterbitkan adalah : Teknik Sipil Teknik Mesin Teknik Elektro Teknik Informatika Teknik Arsitektur Teknik Industri. Dan topik lainnya yang relevan dengan Ilmu ...