Aspek kualitas pelayanan (service quality) dan harga (price) menjadi hal penting bagi pasien atau keuarga pasien dalam menentukan pembelian obat di suatu apotek. Begitu juga dengan pasien (pelanggan) apotek RF Farma Ciwidey Kabupaten Bandung. Apotek RF didirikan pada awal tahun 1990an dengan karyawan saat itu hanya 4 orang. Sampai saat ini apotek RF berkembang cukup pesat dengan dua cabang, memiliki pelanggan yang loyal sejak dahulu. Sebagai usaha jasa, pengelola opotek RF berusaha memberikan pelayanan yang memuaskan dan harga obat yang kompetitif terhadap pelanggan. Artikel ini membahas bagaimana tanggapan pelanggan atas kualitas pelayanan dan harga obat yang dirasakan dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan apotek RF Farma. Sampel data digunakan sebanyak 70 sampel, dengan metode sampling acak, yang berasal dari pelanggan bulan April-Mei 2021. Hubungan kualitas pelayanan dan harga terhadap loyalitas pelanggan dianalisis dengan model regresi linier ganda. Hasilnya menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan harga mempengaruhi kepuasan pelanggan secara individual maupun secara bersamaan. Hasil persamaan regresi berupa Y=0,308X1+0,624X2+2,93.
Copyrights © 2021