Kualitas layanan adalah ukuran yang dibuat oleh konsumen untuk produk atau layanan dengan ukuran atau fitur yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan, keamanan, dan kenyamanan konsumen. Setiap orang juga memiliki hak yang sama atas akses ke layanan atau sumber daya kesehatan. Hak ini menyiratkan bahwa setiap masyarakat harus mendapatkan pelayanan kesehatan yang aman dan berkualitas yang memenuhi standar yang ditetapkan dalam Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi manajemen dapat dikembangkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan di puskesms. Metode pencarian ini menggunakan penelusuran literatur (litaratur riview) Menurut hasil pencarian, dari 52 artikel yang dicari, ditemukan 4 artikel yang memenuhi kriteria . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam strategi manajemen peningkatan mutu pelayanan di Puskesmas, adaptasi antara pelayanan kesehatan dasar yang diberikan atau diberikan dengan kebutuhan yang memenuhi pasien, atau kepatuhan terhadap ketentuan standar pelayanan, pelaksanaan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi tenaga kesehatan profesional dan sumber daya manusia, Kebutuhan: Optimalkan layanan home care melalui penggunaan grafis dan animasi Puskesmas berkualitas tinggi Program konseling dan promosi kesehatan harus digalakkan dengan memaksimalkan jangkauan yang dapat dimaksimalkan dan bekerja sama dengan sektor swasta untuk memanfaatkan teknologi yang mendukung layanan online. Masalah ketersediaan tenaga kesehatan, termasuk sifat profesi tenaga kesehatan dan distribusinya, serta masalah kompetensi, termasuk pengetahuan, keterampilan atau kompetensi tenaga kesehatan profesional dalam pelaksanaan tugasnya, akan berdampak pada kualitas pelayanan puskesmas.
Copyrights © 2023