Pustaka: Jurnal Bahasa dan Pendidikan
Vol. 3 No. 3 (2023): Juli : Jurnal Bahasa dan Pendidikan

PENERAPAN METODE TEAM TEACHING (STUDI DESKRIPTIF DI SD AL-MA’SOEM)

Hana Nurur Rohmah (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2023

Abstract

Penelitain ini dilakukan dengan tujaun untuk mengetahui penerapan metode team teaching yang dilakukan di SD Al-Ma’soem. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui teknik pengumpulan data berupa hasil observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, tahapan penerapan metode team teaching pada pembelajaran sebagai berikut : 1) Tahap Perencanaan, dimana guru kelas, guru mata pelajaran dan guru bidang studi melakukan MGMP untuk meranncang perencanaan pembelajaran. 2) Tahap Pelaksanaan, yaitu proses kegiatan pembelajaran yang diawali dengan kegiatan pembuka oleh guru yang bertugas untuk mengajar. Pada kegiatan inti, guru bekerja sama menerapkan metode team teaching dengan pembagian tugas satu guru sebagai pengajar dan satu guru lainnya sebagai pendamping. 3) Tahap Evaluasi yaitu proses evaluasi kepada guru dan peserta didik. Evaluasi guru dilakukan dengan memberikan kritik dan saran kepada masing-masing guru dalam team mengenai proses pengajaran. Evaluasi peserta didik dilakukan melalui tes sumatif dan formatif yang dibuat oleh masing-masing guru sesuai materi yang diajarkan. Sehingga pembelajaran menggunakan metode team teaching juga sangat berpengaruh pada ketercapaiannya tujuan pembelajaran

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pustaka

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

jurnal yang ditujukan untuk publikasi artikel ilmiah yang diterbitkan oleh BADAN PENERBIT STIEPARI PRESS. Jurnal ini adalah Jurnal Bahasa dan Pendidikan yang bersifat peer-review dan terbuka. Bidang kajian dalam jurnal ini termasuk linguistik, sastra, filsafat, psikologi, hukum, pendidikan, sosial ...