Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media
Vol. 3 No. 2 (2023): Mei - Agustus

Strategi Humas Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Raja Kabupaten Oku Dalam Mengatasi Keluhan Pelanggan

Handika Marino (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Achmad Syarifudin Marino (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Anang walian (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh strategi humas dalam mengatasi keluhan pelanggan di PDAM Tirta Raja Kabupaten Ogan Komering Ulu. Sebagai bisnis yang berfokus pada penyediaan layanan publik, Humas PDAM harus dapat mengetahui dan menerima rekomendasi klien serta memberikan solusi untuk menangani keluhan pelanggan.Hubungan masyarakat adalah metode untuk menyebarkan informasi tentang bisnis. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metodologi penelitian kualitatif yang melibatkan pengamatan langsung penulis di kantor PDAM Tirta Raja Kabupaten Ogan Komering Ulu, wawancara dengan informan humas dan pelanggan PDAM serta staf tentang penelitian penulis, dan dokumentasi data yang diperlukan untuk menjelaskan tema penelitian. pendekatan deskriptif untuk penyajian data akhir. Para peneliti menemukan bahwa berdasarkan penyelidikan mereka itu: 1) Tingginya pemakaian, air keruh, kebocoran pipa penyambung, dan meteran air yang macet adalah beberapa keluhan pelanggan PDAM, 2) Rencana kehumasan untuk menangani keluhan pelanggan PDAM, meliputi terlebih dahulu mengidentifikasi isu, tidak meremehkan isu, menentukan target informasi, menentukan pendekatan, dan terakhir mengevaluasi. 3) Persyaratan untuk lebih banyak teknisi atau pekerja dengan keterampilan PDAM, kehadiran petugas call center, pelatihan komunikasi untuk anggota staf PDAM, dan kualitas layanan adalah faktor-faktor yang membantu pendekatan kehumasan. Elemen penghambat tersebut adalah: Sumber daya manusia yang terbatas, komunikasi pelanggan-perusahaan yang buruk, keterbatasan teknis, sarana dan prasarana yang tidak memadai, dan konsumen yang tidak puas.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkomdis

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi sosial dan Media Sosial (JKOMDIS) merupakan jurnal yang diterbitkan oleh CV. ITTC INDONESIA dan dikelola langsung oleh Webinar.Gratis dan Even.Gratis untuk berbagai kalangan yang mempunyai perhatian terhadap Ilmu Komunikasi, sosial dan budaya, baik dalam pengertian luas, ...